Wisata Malang Museum Brawijaya


Wisata Malang Museum Brawijaya

Wisata Malang Museum Brawijaya : Hello selamat siang kawan kali ini saya akan mengulas tentang wisata yang ada di kota malang yaitu Wisata Malang Museum Brawijaya.kalian pasti tau kota malang kan yang banyak sekali objek wisata ada pantai, bukit, air terjun, tempat bersejarah pun ada.namun di ulasan ini saya akan mengulas lebih ke arah tempat bersejarah yang ada di kota malang yaitu Museum Brawijaya.

Sejarah Museum Brawijaya
Dalam pendirian museum brawijaya mulai dilakukan sekitar tahun 1962 oleh Brigjend TNI Soerachman.selama pembangunan museum brawijaya ini lalu mendapat dukungan pemerintah kota malang dengan menyediakan lahan seluar 10.500 meter persegi.Museum Brawijaya diresmikan pada tanggal 4 mei 1968. 
Museum brawijaya ini menggambarkan betapa sulit beratnya indonesia pada zaman penjajahan.Museum ini bertujuan untuk pendidikan,objek hiburan bersejarah dan pusat penelitian ilmiah.Di Museum Brawijaya ini terdapat sebuah taman yang cukup indah di sana banyak benda-benda pada zaman penjajahan. Berikut beberapa benda yang ada di taman museum brawijaya :
1. Tank buatan jepang hasil rampasan arek-arek surabaya pada bulan oktober 1945.
2. Senjata penangkis serangan udara (PSU).
3. meriam 3,7 inch ,berasal dari belanda yang di rampas oleh bangsa indonesia     pada tanggal 10 desember 1945.
4. Tank Amfibi AM Track yang di gunakan belanda untuk menduduki wilayah malang.
5. Patung Jendral Sudirman. 

Wisata Malang Museum Brawijaya

5 Ruangan yang Berada di Museum Brawijaya 
Setiap museum pasti memiliki beberapa ruangan yang berbeda-beda termasuk Museum Brawijaya ini memiliki 5 ruang untuk pameran yaitu :
1. Lokasi halaman depan yang diberi nama Agne Yastra Loca yang mempunyai arti    taman senjata api revolusi.
2. Ruang Lobi yang memiliki 3 koleksi yaitu Relief penugasan pasukan    Brawijaya,Relief kekuasaan kerajaan majapahit dan Lambang-lambang kesatuan.
3. Ruang 1 di ruang ini berisi koleksi di mulai pada tahun 1945 - 1949.
4. Ruang 2 di ruang ini juga berisi koleksi di mulai pada tahun 1950 - sekarang.
5. Halaman tengah. halaman ini berupa ruangan terbuka yang di dalamnya terdapat    benda yang    sangat bersejarah yaitu Gerbong Maut dan Perahu Sigigir.
Adapun ruangan perpustakaan museum brawijaya yang berisi buku-buku sejarah, dokument-dokument negara dan lain-lain. Itulah beberapa ruangan yang ada di museum brawijaya malang.

Peranan Museum Brawijaya
Museum Brawijaya memiliki peranan yang sangat penting bagi masyarakat dalam segi ilmu sejarang di indonesia. Adapun peranan Museum Brawijaya sebagai berikut :
1. Sebagai media pendidikan
2. Sebagai tempat rekreasi
3. Sebagai tempat riset ilmiah
4. Sebagai tempat pembinaan mental kejuangan serta pewarisan nilai-nilai 45 serta TNI 45 untuk prajurit TNI serta orang-orang umum
5. Sebagai tempat pembinaan mental kejuangan dalam rencana pembinaan wilayah. 

Fasilitas yang ada di Museum Brawijaya
Museum Brawijaya ini sudah memiliki Fasilitas yang memadai yaitu mempunyai tanah/bangunan yang cukup luar 10.500/3.200 M2. Ruang Pemeran tetap, Ruang Auditorium, Ruang Perpustakaan, Ruang lab/konvervasi, Ruang Bengkel, Ruang Administrasi, Toilet, Kantin, Audiovisual dan Tabung Pemadam Api.

Lokasi Museum Brawijaya:
Jl. Ijen
Malang
Jawa Timur

Jam Kunjungan:
Senin-Kamis 08.00-14.30
Jumat 08.00-11.30
Sabtu-Minggu 08.00-13.00

Tiket:
Rp --

Demikian ulasan singkat tentang Wisata Malang Museum Brawijaya. semoga bermanfaat bagi kalian, jika ada kata atau susunan kata yang salah mohon untuk di maklumi. Terimakasih.



  
                                                           

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisata Malang Museum Brawijaya "

Posting Komentar